Sekilas Tentang Jaringan MAN

Share:
Sekilas Tentang Jaringan MAN

Saat ini hampir setiap komputer yang kita temui merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang kompleks. Misalkan saja ketika sebuah laptop atau komputer yang tadinya berdiri sendiri (stand alone) kemudian kita tambahkan sebuah USB Modem sehingga terhubung ke internet, maka komputer kita telah terhubung dan merupakan bagian dari sebuah jaringan yang sangat luas yaitu WAN (Wide Area Network). 
Artikel sebelumnnya kita sudah mebahas tetang Jaringan LAN, nah dalam artikel berikut ini kita akan mencoba mengenal pengertian dari jaringan komputer, manfaat dan resiko dari jaringan komputer dan pembagian jaringan komputer berdasarkan luas areanya pada kesempatan kali ini kita terfokus pada satu jenis jaringan yakni Jaringan MAN.
Pada dasarnya yang membedakan dari setiap jenis jaringan komputer hanya lah cakupan wilayah, area jaringan, serta teknologi yang digunakan oleh jaringan komputer tersebut meliputi penggunaan kabel, IP Adressing, serta sistem keamanannya.  Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian jaringan MAN beserta kekurangan dan kelebihannya.

Apa Itu Jaringan MAN...?

MAN itu kepanjangan dari kata Metropolitan Area Network . MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan  transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, kota ke kota lainnya dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa Jaringan LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.
Metropolitan Area Network (MAN) secara umum merupakan versi LAN yang  berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bias disambungkan dengan jaringan televisi kabel.
Sekilas Tentang Jaringan MAN
Di dalam jaringan, MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya  untuk mengatur paket data melalui kabel output. Namun ada alasan utama untuk memindahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE.DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua computer dihubungkan.

Kuntungan dan Kerugian Pada Jaringan MAN

Keuntungan
Keuntungan dari Jenis Jaringan MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik. 

Keuntungan Lainnya

  1. Server yang berada di kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari semua kantor cabang yang ada.
  2. Transaksi yang dilakukan real-time (data yang ada di server pusat akan di update saat itu juga)
  3. Cakupan wilayah dari jaringannya lebih luas dibandingkan dengan sistem jaringan komputer lainnya, sehingga berkomunikasi dapat menjadi lebih efisien dan tentu saja mempermudah bisnis yang dilakukan.
  4. Komunikasi yang dilakukan antara satu kantor dengan lainnya dapat menggunakan chatting, email dan lainnya.
  5. Adanya Video Conference (ViCon)
  6. Keamanan dari jaringan MAN lebih baik dibandingkan lainnya.
Kerugian
Kerugian dari Jenis Jaringan MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

Kerugian Lainnya

  1. Biaya operasional dari jaringan MAN lebih mahal dibandingkan jaringan lainnya.
  2. Instalasi dari infrastruktur jaringan tidak mudah.
  3. Jika terjadi trouble pada jaringan semisal network trouble shoot akan rumit untuk mengatasinya. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya.
  4. Dapat menjadi target dari para cracker yang mana digunakan untuk keuntungan pribadi.
Jaringan MAN ini dapat anda temukan di sekolah, kantor, pabrik, dan lainnya. Nah itu tadi penjelasan singkat terkait jaringan MAN beserta kelebihan dan kekurangannya.

Demikian saja Sekilas Tentang Jaringan MAN, keuntungan dan kerugiannya. Sampai jumpa pada pembahsan berikutnya. Salkomsel

Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!