4 Klasifikasi Jenis Keamanan Jaringan

4 Klasifikasi Jenis Keamanan Jaringan

Jenis Keaman Jaringan Komputer

Komunitas Belajar Komputer - Sistem Keamanan Jaringan adalah suatu proses untuk mencegah dan mengidentifikasi pengguna lain yang tidak sah (penyusup) atau tidak berkepentingan untuk mengakses jaringan komputer tertentu. Tujuannya apa....? Tujuannya adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer yang dapat berupa ancaman fisik maupun logik. Yapzz sudah jelas kan sekarang tujuan dari keamanan jaringan ini, jadi yuk kita lanjut lagi, Yang dimaksud ancaman fisik itu adalah yang merusak bagian fisik komputer atau hardware komputer sedangkan ancaman logik yaitu berupa pencurian data atau penyusup yang membobol akun seseorang. Dua ancaman ini sangat erat kaitannya pada jaringan komputer. Silahkan Cek materi minggu lalu  Materi Singkat Desain Sistem Keamanan Jaringan Mudah di Pahami
Artikel Terkait Lainnya :
Jenis kejahatan komputer jaringan dapat digolongkan kedalam beberapa jenis, mulai dari yang sifatnya berbahaya sampai ke jenis kejahatan yang hanya membuat orang kesel. Oleh karena itu sistem keamana sangat penting atau sangat diperlukan. 

Klasifikasi Jenis Keamanan Jaringan

  • Keamanan yang bersifat fisik, ini merupakan jenis keamana yang dikenal dengan istilah Physical Security. Physical Security merupakan tindakan atau cara yang dilakukan untuk mencegah atau menanggulangi dan menjaga hardware, program, jaringan dan data dari bahaya fisik dan kejadian yang dapat menyebabkan kehilangan yang besar atau kehancuran. Keamanan fisik termasuk perlindungan terhadap kebakaran, bencana alam, pencurian, vandalism dan teroris. Keamanan fisik (physical security) sebagai tahap awal dari komputer security. Keamanan fisik merupakan jendela awal dari keamanan selanjutnya. Jika fisik terjaga, maka data-data dan hardware komputer otomatis akan dapat diamankan. Jenis physical security termasuk juga akses orang ke gedung serta peralatan dan media yang digunakan misalnya adalah beerikut ini :
    •  Wiretapping ini merupakan jenis Physical Security yang berhubungan dengan akses ke kabel atau komputer yang digunakan, misalnya scanner pada BANK. Pada proses Wiretapping, penyadap melakukan proses pengambilan data yang ditransmisikan pada saluran kabelkomunikasi dengan menggunakan sambungan perangkat keras. Wiretapping ini juga merupakan istilah tindakan kejahatan yang berupa penyadapan saluran komunikasi khususnya jalur yang menggunakan kabel. Wiretapping biasanya dimanfaatkan oleh pihak berwajib guna  mengantisipasi pesan-pesan yang berisi kejahatan seperti terorisme atau instansi pemerintah contohnya KPK untuk melakukan penyadapan telepon pelaku kasus korupsi. Eitss ntr kalo sudah bisa melakukan teknik ini jangan dilakukan sama pacar anda ya wkwkwk.
    • Danial Of Service merupakan jenis Physical Security dengan cara mematikan peralatan atau membanjiri saluran komunikasi dengan pesan yang tidak jelas, pengiriman permintaan yang terus-menerus. Akibat yang ditimbulkan oleh Danial Of Service ini adalah layanan (service) tidak dapat diterima oleh pemakai karena terlalu banyak jumlah pesan yang diterima atau masuk.
    • Syn Flood Attactk adalah merupakan salah satu bentuk serangan Denial Of Service (DOS) dimana penyerang akan mengirimkan SYN request kepada mesin sasaran dengan tujuan mengkonsumsi sumber daya dari server sehingga server tidak bisa melayani lalu lintas yang memang benar benar sah. Syn Flood Attactk ini juga merupakan jenis Physical Security dengan sistem HOST yang dituju dibanjiri dengan permintaan sehingga menjadi terlalu sibuk, dan akan mengakibatkan kemacetan pada sistem tersebut atau sering dikatakan dengan istilah hang.
  • Ancaman Keamanan yang berhubungan dengan orang (personal) atau sering dikatakan Soscial Engineering pengertian Social engineering adalah manipulasi psikologis seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tertentu atau melakukan hal tertentu dengan cara menipunya secara halus dan mengiming-imingkan sesuatu tanpa dia sadari. manipulasi psikologis dikakukan dengan berbagai media yang tujuan nya untuk mempengaruhi pikiran korban,misalnya menggunakan suara (berbicara untuk meyakinkan korban),gambar(memasang gambar yang erotis agar di klik),tulisan  (menulis artikel yang persuasif dan meyakinkan misal menulis tutorial bobol ATM,tapi palsu. Dengan kata lain Social engineering adalah tehnik untuk mendapatkan informasi /hak akses dengan cara menipu korbannya dengan halus dan tanpa dia sadari. Semua kriminal 100% menggunakan tehnik ini untuk mendapatkan informasi dari korban nya. mulai dari tukang copet yang menyamar sebagai penumpang biasa, penipu yang menjanjikan hal luar biasa pada korban nya,sexpredator yang menggunakan facebook untuk berinteraksi dengan korbannya. dan lain sebagainya. Jenis Social engineering tehnik yang populer By tembolok
    • Reverse social engineering (RSE)
    • PiggyBack Ride
    • Techie Talk (berbicara layaknya ahli)
    • Phishing Attack (Scamming)
    • Whalling attack (Memancing Paus )
    • Vishing attack (Voice or VoIP Phishing attack)
    • Social (Engineer) Networking
    • Neuro-linguistic programming (NLP)
    • Sex Sells
  • Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi (communications). Atau dikenal dengan istilah Trojan Horse Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer mengacu pada sebuah perangkat lunak (software) berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Kejahatan dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab dengan memasang dan menyebarkan virus atau trojan horse sehingga orang tersebut mendapatkan password hak akses yang bukan miliknya.
  • Keamanan dalam operasi : termasuk prosedur yang digunakan untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan dan juga termasuk prosedur setelah serangan (post attack recovery).
Demikian saja 4 Klasifikasi Jenis Keamanan Jaringan see you next time

Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!