Materi Singkat Desain Sistem Keamanan Jaringan Mudah di Pahami

Share:
Desain Sistem Keamanan Jaringan

Materi Singkat Desain Sistem Keamanan Jaringan

Komunitas Belajar Komputer - Sistem Keamanan Jaringan adalah suatu proses untuk mencegah dan mengidentifikasi pengguna lain yang tidak sah (penyusup) atau tidak berkepentingan untuk mengakses jaringan komputer tertentu. Tujuannya apa....? Tujuannya adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer yang dapat berupa ancaman fisik maupun logik. Yapzz sudah jelas kan sekarang tujuan dari keamanan jaringan ini, jadi yuk kita lanjut lagi, Yang dimaksud ancaman fisik itu adalah yang merusak bagian fisik komputer atau hardware komputer sedangkan ancaman logik yaitu berupa pencurian data atau penyusup yang membobol akun seseorang. Dua ancaman ini sangat erat kaitannya pada jaringan komputer.

Konsep Keamanan Berbasis Jaringan

Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada jaringan yang anti sadap atau tidak ada jaringan yang benar-benar aman. karna sifat jaringan adalah melakukan komuikasi, dan setiap komunikasi dapat jatuh ke tangan orang lain dan di salah gunakan. Oleh sebab itu keamanaan jaringan sangatlah dibutuhkan. Penting salah satu Anda perlu mengenal beberapa ancaman keamanan jaringan.

Serangan terhadap keamanan sistem informasi (security attack) akhir-akhir ini seringkali terjadi di dunia maya, nah hal ini di lakukan oleh sekelompok orang yang ingin menembus suatu keamanan sebuah sistem, dengan tujuan buruk tentunya. Ada beberapa kemungkinan tipe dari serangan yang dilakukan oleh penyerang yaitu :
  1. Interception yaitu pihak yang tidak mempunyai wewenang telah berhasil mendapatkan hak akses informasi.
  2. Interruption yaitu penyerang yang telah dapat menguasai sistem, tetapi tidak keseluruhan. Karna admin yang asli masih bisa login.
  3. Fabrication yaitu penyerang telah menyisipkan objek palsu ke dalam sistem target.
  4. Modification yaitu penyerang telah merusak sistem dan telah mengubah secara keseluruhan.

Kejahatan cyber atau lebih dikenal dengan cyber crime adalah suatu bentuk kejahatan virtual dengan memanfaatkan media komputer yang terhubung ke internet, dan mengekploitasi komputer lain yang terhubung juga pada internet. Adanya lubang-lubang keamanan pada system operasi menyebabkan kelemahan dan terbukanya lubang yang dapat digunakan para hacker, cracker dan script kiddies untuk menyusup ke dalam computer tersebut. Kejahatan yang terjadi dapat berupa:
  • Pencurian terhadap data
  • Akses terhadap jaringan internal
  • Perubahan terhadap data-data penting
  • Pencurian informasi dan berujung pada penjualan informasi

Macam-macam kemanan komputer meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Privacy/confidentiality, Merupakan aspek keamanan komputer yang berhubungan dengan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Privacy biasanya mengarah ke data-data yang sifatnya pribadi, sedangkan confidentiallity mengarah pada data yang diberikana hanya untuk keperluan tertentu.
  2. Intergrirt, merupakan aspek keamanan komputer dengan menekankan informasi yang ada tidak boleh diubah tanpa seiizin pemilik informasi
  3. Authentication, merupakan aspek keamanan yang berhubungan dengan metode untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli serta orang yang memberikan dan mengakses informasi merupakan bener-bener orang yang dimaksud.
  4. Availability, merupakan aspek keamanan yang berhubungan dnegan ketersedian informasi ketika dibuuthkan.
  5. Access control, merupakan aspek keamanan yang berhubungan dengan cara pengaturan akses pada informasi.
  6. Non-repudiation, merupakan aspek keamanan yang menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal bahwa telah melakukan transaksisumber modul smk yudhistira 

Beberapa Jenis Keamanan Jaringan

  1. Autentikasi adalah proses pengenalan peralatan, sistem operasi, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan komputer. misalnya user memasukkan username dan password pada saat login ke jaringan. Tahapan Autentikasi :
    • Autentikasi untuk mengetahui lokasi melalui data link layer dan network layer.
    • Autentikasi untuk mengetahui proses yang sedang berjalan yang terjadi pada session dan presentation layer.
    • Autentikasi untuk mengenal user dan aplikasi yang digunakan (application layer)
  2. Enkripsi (kerahasiaan data) adalah teknik pengkodean data yang dapat berguna untuk menjaga data.
  3. VPN (Virtual Private Network) adalah jaringan komunikasi lokal yang dapat terhubung melalui media jaringan. fungsi dari VPN tersendiri untuk memperoleh komunikasi yang aman melalui internet. Kriteria yang harus dipenuhi VPN :  "Cara menggunakan VPN pada Tsel"
    • User Authentication, VPN harus mampu mengklarifikasi identitas klien. VPN mampu memantau aktivitas klien meliputi masalah waktu, kapan, di mana dan  berapa lama seorang klien mengakses jaringan serta jenis resource yang diaksesnya.
    • Address Management, VPN harus dapat mencantumkan address klien pada intranet dan memastikan alamat tersebut tetap rahasia.
    • Data Encryption, data yang melewati jaringan harus dibuat agar tidak dapat dibaca oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
    • Key Management, Harus mampu membuat dan memperbaharui encryption key untuk server dan klien.
    • Multiprotocol Support, Harus mampu menangani berbagai macam protokol dalam jaringan publik seperti IP atau IPX 
  4. DMZ (De-Militerized Zone) berfungsi untuk melindungi sistem internal dari serangan hacker.

Demikian saja pembahasan tentang Materi Singkat Desain Sistem Keamanan Jaringan Mudah di Pahami ini jangan di share ya kalo bisa hahaha.

Kita lanjut pada pertemuan berikutnya ya, Gbu.


Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer


1 comment:

  1. thanks artikelnya. jangan lupa kunjngi balik http://blackwaletfacialsoap.com

    ReplyDelete

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!