Ada 5 JENIS SERANGAN TERHADAP JARINGAN KOMPUTER

JENIS SERANGAN TERHADAP JARINGAN KOMPUTER

Komunitas Belajar Komputer - Dibawah ini adalah  jenis serangan terhadap jaringan komputer, sebelumnya Sistem Keamanan Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang digunakan untuk menghambat serta mengidentifikasi pemakai komputer yang tidak mempunyai izin sah (penyusup) dari suatu jaringan komputer . Dalam arti lain adalah suatu cara yang diciptakan untuk menangkis berbagai kemungkinan ancaman  yang akan terjadi pada jaringan komputer, dimana ancaman tersebut bisa berbentuk ancaman fisik ataupun logik.


5 Masalah Keamanan Jaringan Yang Biasa Terjadi

  1. Carding, yakni pencurian data pada sebuah akun perbankan seseorang. contoh pencurian nomer kartu credit yang digunakan untuk melakukan belanja on-line atau juga bisa pembobolan rekening suatu bank
  2. Phising, yakni serangan yang berbentuk pemalsuan alamat pada suatu situs resmi, metode ini bertujuan untuk mendapatkan data korban dengan mengindikasikan si korban untuk mengisi data dirinya pada sebuah laman web / situs.
  3. Deface, yakni kegiatan melakukan pengeditan dan pergantian pada tampilan sebuah situs / website
  4. Hacking, yakni perusakan yang ditujukan pada infastruktur suatu  jaringan computer .
  5. Click jacking, yakni kegiatan yang bertujuan untuk mencuri suatu informasi baik informasi pribadi seseorang ataupun informasi suatu organisasi dengan cara memberikan suatu notifikasi untuk melakukan update suatu software, salah satu contoh yang sering terjadi di dunia internet adalah munculnya notifikasi untuk melakukan update flas player.
Sumber : komputerdia

4 Jenis Keamanan Jaringan Yang Harus Anda Ketahui

  1. Autentikasi yaitu sistem yang dikhususkan untuk memindai pengenalan pada sebuah alat yang masuk, pemindaian system operasi, aplikasi serta pemeriksaan identitas dari user yang tersambung dengan jaringan computer tersebut. Contohnya ketika user memasukkan sebuah username serta password pada saat login ke jaringan.
  2. Enkripsi (kerahasiaan data) yaitu tehnik pengkodean data yang bisa bermanfaat untuk melindungi data.
  3. VPN (Virtual Private Network) yaitu jaringan komunikasi lokal yang bisa tersambung lewat media jaringan. manfaat dari VPN sendiri yaitu untuk menghasilkan suatu komunikasi yang aman pada jaringan internet.
  4. DMZ (De-Militerized Zone) berperan membuat perlindungan system internal dari serangan hacker.
Sumber : komputerdia

5 JENIS SERANGAN TERHADAP JARINGAN KOMPUTER yang Perlu Anda Ketahui

A. LAND Attack

Adalah salah satu macam serangan terhadap suatu server yang terhubung dalam suatu jaringan untuk menghentikan layanan, sehingga terjadi gangguan terhadap layanan atau jaringan komputer . Tipe serangan semacam ini disebut sebagai Denial of Service (DoS) attack. LAND attack dikategorikan sebagai serangan SYN (SYN attack) karena menggunakan packet SYN (synchronization) pada waktu melakukan 3-way handshake untuk membentuk suatu hubungan berbasis TCP/IP. .


B. Ping of Death
Sekilas Tentang Jaringan! Ping of Death merupakan suatu serangan (Denial of Service) DoS yang memanfaatkan fitur yang ada di TCP/IP yaitu packet fragmentation atau pemecahan paket.Penyerang dapat mengirimkan berbagai paket ICMP (digunakan untuk melakukan ping) yang terfragmentasi sehingga waktu paket-paket tersebut disatukan kembali, maka ukuran paket seluruhnya melebihi batas 65536 byte.

C. Teardrop
Teardrop attack adalah suatu serangan bertipe Denial of Service (DoS) terhadap suatu server/komputer yang memanfaatkan fitur yang ada di TCP/IP yaitu packet fragmentation atau pemecahan paket, dan kelemahan yang ada di TCP/IP pada waktu paket-paket yang terfragmentasi tersebut disatukan kembali. Dalam suatu pengiriman data dari satu komputer ke komputer yang lain melalui jaringan berbasis TCP/IP, maka data tersebut akan dipecah-pecah menjadi beberapa paket yang lebih kecil di komputer asal, dan paket-paket tersebut dikirim dan kemudian disatukan kembali di komputer tujuan. Server bisa diproteksi dari tipe serangan teardrop ini dengan paket filtering melalui firewall yang sudah dikonfigurasi untuk memantau dan memblokir paket-paket yang berbahaya seperti ini, klik disini untuk mengetahui dasar jaringan komputer siapa tahu membantu memahami pemahasan ini tentang topik Jenis serangan komputer teardrop.

D. Half-Open Connection
Dalam serangan half-open connection, penyerang mengirimkan ke server yang hendak diserang banyak paket SYN yang telah dispoof atau direkayasa sehingga alamat asal (source address) menjadi tidak valid. . Tipe serangan half-open connection atau SYN attack ini dapat dicegah dengan paket filtering dan firewall, sehingga paket-paket SYN yang invalid tersebut dapat diblokir oleh firewall sebelum membanjiri server.

E. UDP Bomb Attack
Untuk melakukan serangan UDP Bomb terhadap suatu server, seorang penyerang mengirim sebuah paket UDP (User Datagram Protocol) yang telah dispoof atau direkayasa sehingga berisikan nilai-nilai yang tidak valid di field-field tertentu. Jika server yang tidak terproteksi masih menggunakan sistem operasi (operating system) lama yang tidak dapat menangani paketpaket UDP yang tidak valid ini, maka server akan langsung crash.

Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer


Penulis: Lutfi Nur Niswati
Sumber Ilmu Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!