Instalasi Perangkat Lunak

Share:
Jenis Perangkat Lunak Berdasarkan Kegunaannya

Jenis Perangkat Lunak Berdasarkan Kegunaannya

Pada dasarnya sistem operasi hanya menyediakan perangkat lunak dasar yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Nah Untuk kebutuhan yang lebih lanjut akan diperklukan perangkat lunak tambahan dari pihak ketiga, guna membantu setiap pekerjaan kita. Berdasarkan kegunaannya, terdapat berbagai jenis perangkat lunak, di antaranya :
  1. Perangkat Lunak Perkantoran
  2. Perangkat Lunak Pengelolah Gambar
  3. Perangkat Lunak Web Browser
  4. Perangkat Lunak Multimedia
  5. Perangkat Lunak Utility

Perangkat Lunak Kebutuhan Perkantoran (Office Suite)

Perangkat lunak kebutuhan perkantoran antara lain adalah, perangkat lunak pengelolah kata, pengelolah angka, dan juga presentasi. Perangkat lunak yang sangat populer atau terkenal pada kategori ini (Perangkat Lunak Kebutuhan Perkantoran) adalah Microsoft Office. Perangkat lunak Microsoft Office antara lain berisi Microsoft Word untuk Pengelolah Kata, Microsoft Excel untuk Pengelolah Angka dan Microsoft Power Point untuk Presentasi

Selain Microsoft Office terdapat juga perangkat lunak aplikasi lainnya, misalnya Open Office, Obiword, SoftMaker, FreeOffice, LibreOffice, WPS Office, Zoho Docs, Google Docs, iWork, dll.
Aplikasi tersebut hampir mirip dengan Microsoft Office baik penggunaannya maupun toolsnya sehingga lebih lagi mempermudah pekerjaan Anda.

Perangkat Lunak Pengelolah Gambar (Graphic Suite)

Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat dan mengelolah gambar digital, yah sesuai dengan namanya Perangkat Lunak Pengelolah Gambar (Graphic Suite). Nah untuk perangkat lunak ini yang paling terkenal adalah Adobe Creative Suite dan Corel Draw Graphic Suite. Untuk Adobe Creative Suite yang paling populer adalah Adobe Photoshop untuk pengelolah gambar. Perangkat Lunak Lainnya atau alternatif dari aplikasi pengelolah gambar diatas adalah GIMP, Photo Pos Pro, Artweaver, Fireaplace, PixBuilder Studio, Inkscape, Paint.Net, TUX Paint, dan masih banyak yang lainnya. lainnya, tinggal anda googling saja.

Perangkat Lunak Untuk Menjelajahi Web/Internet Web (Web Browser)

Perangkat lunak ini memang di prioritaskan untuk menjelajahi web atau sering disebut surfing di dunia maya, hehehe. Nah dalam menjelajahi internet ini baik itu untuk kebutuhan hiburan, berita, mencari ilmu pengetahuan, menulis artikel, mencari tugas, download musik terbaru, video noah (itu band favorite saya), ataupun download Movie terbaru, dan lain sebagainya, kita perlu yang namanya aplikasi web browser. Dengan Aplikasi web Browser maka dengan mudahnya kita dapat menjelajahi internet. Aplikasi Web Browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer dimana aplikasi yang satu ini sudah langsung terpasang pada Sistem Operasi. Selain Internet Explorer ada juga aplikasi lainnya misalnya Mozilla Firefox, Baidu, Uc Browser, Opera, Safari, Chrome dll. Yang sangat saya favoritkan pada aplikasi web browser diatas adalah Google Chore dan Mozilla Firefox.

Perangkat Lunak Pemutar Aplikasi Multimedia (Multimedia Player)

Perangkat lunak pemutar file multimedia digunakan untuk memutar video dan audio dalam format digital. Format digital yang dimaksud adalah Video CD, DVD, MP3, dan WMA. Nah bicara mengenai perangkat lunak ini yang sangat populer adalah Windows Media Player dimana aplikasi yang satu ini sudah langsung terpasang pada sistem operasi dan sudah hampir sempurna untuk memutar format file video maupun audio. Akan tetapi secara umum kebanyakan orang menggunakan aplikasi pihak ketiga selain Windows Media Player dengan berbagai alasan tertentu. Untuk Aplikasi Alternatif dari Windows media Player diantaranya
  1. Winnamp
  2. Aimp
  3. Jetaudio
  4. KMP Player
  5. GOM Player.
  6. K-Lite Mega Codec Pack
  7. VLC
  8. Cyberlink PowerDVD
  9. Dll
Perangkat lunak aplikasi diatas bisa digunakan untuk memutar file audio dan video, nah untuk mendapatkannya silahkan anda cari saja dengan menggunakan kata kunci downloada aimp atau download winnamp dll, nanti akan ada link downloadnya.

Perangkat Lunak  Utility

Aplikasi Utility digunakan untuk melaksanakan fungsi tertentu misalnya memindai virus, membersihkan file sampah (tidak berguna), membersihkan registry dll. Perangkat lunak utility umumnya diprioritaskan untuk mendukung kinerja sistem operasi. Yang sering digunakan dalam hal ini adalah Antivirus, kenapa....? karena perabgkat lunak antivirus ini bertugas untuk membasmi atau mencegah virus yang masuk ke dalam sistem operasi. Program virus ini adalah sejenis program yang merusak atau mengganggu kinerja sistem operasi. Program virus ini menyebar melalui media penyimpanan portable seperti disket atau USB flash disk. Untuk mencegah program virus merusak sistem operasi anda atau merusak file anda lakukan update program antivirus secara berkala, memindai setiap media peyimpanan yang masuk ke PC anda dan menonaktifkan autoplay supaya program virus yang ada di dalam media penyimpanan tidak langsung berjalan/menyebar sebelum anda melakukan pemindaian terhadap media penyimpanan tersebut.
Program antivirus antara lain adalah Smadav, Avira, Norton, Avast, dll sedangkan untuk membersihkan file sampah (file tidak berguna) yang sering saya digunakan adalah CCleaner.


Demikian saja tentang Pembahsan Jenis Perangkat Lunak berdasarkan Kegunaannya, Silahakan  share artikel ini guna membatu perkembang blog tercinta ini, Terimakasih. Salkomsel...!!!


Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!