Ada 5 Fungsi Google Search Console Yang Harus Anda Ketahui

5 Fungsi Google Search Console yang wajib Diketahui
Google Search Console
Ada beberapa atau sebagian besar hal-hal sederhana dapat anda lakukan untuk meningkatkan jumlah tayang (impression) di google search. dengan semakin seringkalinya blog anda muncul di halaman pencarian google, maka akan memberikan peluang besar untuk meningkatkan traffic blog milik anda. Tips yang aku hinggakan di bawah merupakan sebagai langkah awal dalam meningkatkan traffic blog anda yang berkeinginan untuk menaikkan impression dari google search . sebelum bersusah payah membangun backlink, saya sarankan anda untuk meluangkan sedikit waktu untuk memeriksa kondisi kesehatan blog anda. karena blog yang sehat akan beliah ditelusuri oleh google.

Untuk mengetahui tingkat kesehatan blog anda, google telah menyediakan layanan yang sanga keren yaitu sang google search console (yapzz sebelumnya google search console bernama google webmaster tools). yang perlu anda lakukan merupakan login ke Google Search Console dengan menggunakan akun gmail lalu daftarkan blog milik anda disana. setelah melakukan pendaftarkan blog milik anda, Setelah itu anda akan dipandu untuk melakukan suatu hal yang mampu membuat blog anda lebih sehat dan luar biasa. berikut ini beberapa hal yang harus sampeyan lakukan melalui google search console, di praktekan langsung ya.....

Salah satu Cara Mudah Submit Sitemap ke Bing Webmaster

Mari Submit sitemap blog ke Google index

Sitemap disebut juga dengan peta situs, yaitu daftar isi yang menjelaskan tentang apa saja tulisan dari blog milik Anda. Gunakanlah Google Search Console dan submit sitemap blog Anda ke Google index. Dengan melakukan cara itu, secara tidak langsung anda telah membantu robot mesin perayap (Crawler) Google bekerja dengan lebih efisien. Hal ini sangat berguna untuk memastikan bahwa mesin pencari Google lebih mudah mengetahui semua isi halaman dari blog Anda.

Mencari Sebuah keyword potensial untuk blog Anda

Setelah memastikan bahwa Google dapat mencari isi blog Anda, dengan menggunakan Google Search Console Anda dapat melihat keyword nah apa saja yang membuat sebuah halaman blog muncul di hasil mesin pencari Google. Dengan melakukan hal itu Anda dapat mengetahui lebih cepat dan mudah menentukan keyword apa saja yang berpotensi untuk bisa meningkatkan trafik blog milik Anda. Setelah mengetahui keyword-keyword apa saja yang berpotensi top tersebut maka Anda dapat mengoptimalkan dengan membuat konten atau artikel yang menarik dan berkualitas menggunakan keyword-keyword potensial tersebut. Atau jika perlu edit artikel yang sudah ada supaya lebih optimaln lagi

Memperbaiki halaman yang tidak dapat diakses oleh Google

Jika suatu saat Google menemukan halaman site/blog yang tidak bisa diakses dengan baik (misalnya page not found) maka dengan Google Search Console Anda  akan lebih mudah mendapatkan sebuah pemberitahuan tentang halaman-halaman apa saja yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari Google. Nah untuk mengatasi hal itu anda bisa melakukan redirect halaman atau pengalihan halaman yang error page not found tersebut ke alamat yang lain {bukan ke alamat blog lain ya...} Langkahnya masuk ke dashboard blogger anda, pilih [Setting] setelah itu [Seacrh Preferences] pilih [Custom Redirect]. Buatlah redirect halaman yah sebanyak halaman yang error page not found tadi.

Tentukanlah lokasi target Dimana Anda Memasarkan BLOG

Melalui Google Search Console Anda dapat menentukan lokasi mana yang menjadi target atau sasaran pemasaran blog milik anda. Untuk blog yang menggunakan bahasa Indonesia pilihlah Negara Indonesia sebagai target anda.  Begitu juga sebaliknya, jika blog Anda berbahasa Inggris misalnya, maka target anda ke Amerika Serikat,atau Inggris dan negara lainnya yang menggunakan bahasa inggris. Kenapa demikian...? Supaya isi blog anda dengan mudah di temukan oleh pengunjung.

Memperbaiki Struktur Data Pada Blog

Sebuah Struktur data pada blog bisa dikatakan sebagai alat yang menjadi kelengkapan yang akan Memastikan atau menentukan ciri-ciri dari blog itu sendiri. Contoh komponen Author menunjukkan bahwa orang yang menjadi author dari blog itu. Jadi untuk memeriksa struktur data terhadap blog milik Anda, silahkanlah masuk ke menu Structure Data Testing di Google Search Console. Lakukan perbaikan jika anda menemukan ada error pada struktur data.

Itulah beberapa langkah awal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan traffic blog dari mesin pencari google . Usahakan Anda meluangkan waktu untuk selalu merawat blog Anda supaya selalu dalam kondisi yang baik.  Ditambah lagi dengan link building yang tepat jadi akan memperbesar peluang blog Anda untuk menempati peringkat yang tinggi di halaman pencarian Google.
Semoga artikel ini bisa Bermanfaat buat anda.

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!