Beberapa Fitur Dari Google Analytics Yang Sangat Penting

cara mengetahui traffic blog dengan google analytics
Fitur Dari Google Analytics Yang Sangat Penting - Google Analytics fitur - fitur google analytics - google analytics future - cara pasang google analytics di wordpress - cara kerja google analytics - cara instal google analytics di android - cara pasang google analytics di website - cara membaca google analytics - cara pasang google analytics di blogspot - cara install google analytics - cara buat google analytics - cara guna google analytics - cara menggunakan google analytics - cara memasang google analytics di blogspot - cara menghapus google analytics - cara setting google analytics di wordpress - cara menambahkan google analytics -cara mengisi google analytics - cara membuat akun google analytics - bagaimana cara menggunakan google analytics - cara memasang kode google analytics di blog -cara mendaftarkan blog di google analytics - cara pasang kode google analytics di wordpress - cara daftar google analytics - cara gunakan google analytics - cara mendapatkan google analytics id - cara mendapatkan kode google analytics - cara pasang kode google analytics - Cara membuat google analytics - Cara memasang google analytics - cara mengaktifkan google analytics - cara pakai google analytics - cara pasang script google analytics - cara setting google analytics
 
Beberapa Fitur Dari Google Analytics Yang Sangat Penting - Sebagian besar blogger, salah satu indikator kesuksesan yakni ketika site/blog yang dia punya memiliki banyak pengunjung atau traffic-nya tinggi. Apalagi jika blognya sudah dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, misalnya lewat Google Adsense atau media untuk promosi penjualan barang (misalnya toko online). Traffic yang tinggi tentu akan memperbesar peluang mendapatkan banyak pundi-pundi uang.

Apabila
Anda adalah pebisnis online, statistik traffic sangat amat penting buat Anda. Dengan cara mengetahui statistik traffic blog, Anda bisa menentukan strategi apa saja untuk pemasaran yang cepat dan tepat tentunya untuk bisnis Anda. Nah zaman sekarang ini ada banyak sekali tools/alat bantu yang bisa anda gunakan/manfaatkan untuk mengetahui traffic suatu blog atau website. Salah satunya adalah Google Analytics.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics merupakan tool/alat dari Google yang bisa anda gunakan untuk memantau statistik pengunjung blog atau website Anda. Layanan dari Google Analytics ini bisa Anda gunakan tentu secara gratis hehehehe, Anda cukup login dengan memakain akun gmail Anda. Setelah login Anda bisa dengan mudah dan gratis memanfaatkan beragam fitur-fitu yang baik untuk melihat dan memantau traffick site/blog Anda. Begitu...:D

Fitur-fitur Google Analytics

Berikut ini ada beberapa fitur yang sangat penting dari Google Analytics

1. Real-Time >>> Overview

cara mengetahui traffic blog dengan google analytics
Pada halaman ini (Realtime-Overview) Anda bisa melihat seberapa banyaknya pengunjung saat ini sedang melihat site/blog Anda, dan juga halaman apa saja yang sedang mereka buka atau yang sedang mereka lihat. Salah satu manfaat besar dari fitur ini adalah ketika Anda sedang mengedit suatu halaman/artikel, sebelumnya pastikanlah bahwa halaman tersebut yang sedang Anda edit bukan halaman/artikel yang sedang dilihat oleh pengunjung.

2. Acquisitions >>> Overview
aquisitions overview
Pada halaman Acquisitions >>> Overview, anda dengan mudahnya bisa mengetahui dari manakah asal pengunjung blog anda. Misalnya, Direct berarti menunjukkan pegunjung langsung mengetik alamat site/blog anda di browser mereka. Organic merupakan pengunjung-pengunjung yang datangnya dari mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu. Refferal merupakan pengunjung-pengunjung yang datangnya dari situs lain atau website lain yang di dalam website tersebut terdapat link yang menuju ke blog kita. Bagi orang yang bergelut di dunian bisnis online, traffic source mengang sangat penting untuk mengetahui biaya iklan yang dikeluarkan apakah sudah sesuai dengan seberapa banyak jumlah traffick yang mengalir atau belum.

3. Audience >>> Overview >>> City
Pada halaman ini Anda bisa melihat dari kota mana sajakah pengunjung itu berasal. Bagi anda pemilik bisnis tentunya hal ini cukup dan sangat bermanfaat. Kita bisa pantau di kota-kota mana saja produk laris terjual. Sehingga kita bisa menentukan strategi apa yang hendak kita lakukan, contohnya saja mengadakan promo dimana ada kota yang pengunjung site/blog milik anda banyak  sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. 

4. Audience >>> Overview >>> Browser and Screen Resolution
Pada halaman yang ini Anda bisa mengetahui browser apa dan berapa besar screen resolution yang digunakan oleh pengunjung situs anda. Dengan demikian anda bisa menentukan pengembangan site/blog seperti apa yang akan lebih diprioritaskan/diutamakan apakah versi desktop atau mobile.

5. Behaviour >>> Behaviour Flow
google analytics behaviour flow
Pada halaman behaviour flow ini Anda akan mendapatkan informasi tentang pengunjung blog Anda. Misalnya halaman apa saja yang paling sering dikunjungi, dan halaman mana saja yang menjadi tujuan awal setelah itu halaman mana yang mereka kunjungi lagi setelahnya. Dari data tersebut Anda bisa melakukan optimasi terhadap halaman-halaman yang paling sering dikunjungi. Halaman visitor flow ini disajikan dalam bentuk gambar sehingga mudah sekali untuk dipahami.

6. Behaviour > Site Content > All Pages
Halaman ini juga hampir sama saja dengan halaman behaviour flow. Tapi bedaannya yakni dihalaman behaviour flow, data-data yang disajikan dalam bentuk gambar sedangkan dihalaman Site Content data yang disajikan dalam bentuk tabel dan berisi data-data yang lebih detil contoh Bounce Rate, AVerage Time dan yang lainnya.

7. Behaviour > In-page Analytic
Pada halaman ini Anda bisa melihat atau memantau konten-konten apa saja yang sering kali diklik oleh pengunjung blog anda. Dengan begitu Anda bisa menentukan strategi apa saja yang tepat untuk anda lakukan contohnya saja menentukan posisi iklan yang tepat di mana pengunjung sering menuju kesana.

8. Behaviour > Site Content > Landing Page and Exit Page
Landing page merupakan halaman apa yang menjadi tujuan awal dari pengunjung blog Anda sedangkan exit page adalah halaman  dimana sipengunjung meninggalkan blog Anda.

9. Acquisition > All Traffic > Channels > Keyword
Keyword adalah kata kunci yang orang ketik pada browser mereka misalnya google, yahoo dan lain sebagainya. Pada halaman ini juga Anda bisa mengetahui keyword apa saja yang membuat halaman diblog anda bisa tampil di mesin pencari dan mendatangkan pegunjung. Hal ini sangat penting untuk mengetahui keyword apa saa yang super dalam Blog Anda dan banyak mendatangkan pengunjung.

10. Acquisition > All Traffic > Channels > Sosial
Pada halaman ini Anda dengan mudah bisa mengetahui berapa banyak traffic yang datang dari  sosmed. Sosial media merupakan salah satu sumber traffic yang sangat dan sangat penting untuk meningkatkan traffic ke blog Anda.

Itulah Beberapa Fitur Dari Google Analytics Yang Sangat Penting untuk anda ketahui. Dengan mengetahui traffic dan perilaku (behaviour) dari pengunjung, anda dengan mudah menentukan strategi yang tepat untuk memaksimalkan lagi blog Anda. Dan sekarang, Google Analytics sudah tersedia dalam aplikasi smartphone,Android dengan demikian Anda bisa memantau/melihat perkembangan blog Anda dari smartphone, Android Anda, dimana saja dan kapan saja. Silahkan download Google Analytics di Play Store "GRATIS"

Demikianlah beberapa fitur-fitur mengenai Google Analytics yang wajib kau ketahui.

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!