Komunitas Belajar Komputer

Komunitas Belajar Komputer

Silahkan Memulai Membuat Blog Dengan Beberapa Hal Yang Perlu di Perhatikan

Perhatikan Hal Ini Dalam Memulai Membuat Site/Blog


Cara Memulai Membuat BlogBlogging sangat cepat menjadi salah satu cara yang paling populer untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi dan berita. Ada yang Membuat blog yang menghasilkan uang  ada juga yang membuat blog sendiri sebagai tempat sharing info dan lain sebagainya. Blog tidak kalah dengan media sosial seperti Facebook, twitter dll. Menjadi seorang blogger dan memiliki blog tentunya merupakan cara yang bagus untuk mengekspresikan diri dan juga cara yang fantastis untuk berbagi informasi dengan orang lain, menjalin hubungan kesesama site/blog, bergabung dengan komunitas misalnya komunitas Belajar komputer atau Link Eksternal Blog Tapi ... bagaimana sih Anda memulai? Ada begitu banyak info di luar sana di berbagai site/blog, yang mengajarkan banyak hal yang berbeda. Siapakah yang mesti Anda dengarkan? Di manakah titik awal yang baik untuk memulainya? Sangat berharap artikel ini membantu anda

BACA JUGA Faktor Apa saja Penyebab Trafik Pengunjung blog Turun Secara Drastis dan Menggenaskan...?

Empat Langkah untuk Memulai Blog:

  • Mulailah pilih platform blogging yang baik menurut pilihan Anda
  • Pilih apakah Anda ingin host dan domain berbayar, atau mendapatkan blog gratis
  • Menyediakan sebuah domain untuk blog Anda sendiri (itupun jika Anda memilih hosting sendiri dan domain custom)
  • Merancang blog Anda

Langkah 1 - Pilih platform blogging pilihan Anda

Ada begitu banyak pilihan untuk memilih salah satu dari platform blog yang memberikan layanan gratis. Bagi Anda yang bener-bener tidak mau repot-repo dengan yang namanya urusan coding, maka saya menyarankan Anda menggunakan platforn WordPress, inilah merupakan salah satu platform blogging terbesar di dunia, dengan plugin-plugin yang tak terhitung jumlahnya dan juga add-ons.Yah hampir tak terbatas untuk merancang dan merubah tata letak blog milik Anda.
Disini Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif lho menggunakan platform WordPress : ini merupakan data-data terbaru dari situ pingdom.com
Cara Memulai Membuat Blog - Panduan Pemula Terbaru Terupdate

Ada alternatif lain tercantum di bawah ini:


Blogger - Platform terbaik setelah WordPress.
Tumblr - Setengah jejaring sosial, setengah blog. Menarik, dan sangat mudah digunakan.
Meskipun WordPress lebih besar (dan mungkin lebih baik) daripada dua plarform diatas, di sisi lain alasan saya mengapa Anda harus memilih WordPress:
  • Super mudah set-up.
  • Ribuan themes dan plugin gratis.
  • Ada sebuah forum besar yang akan membantu Anda jika mengalami kendala
  • Blog Anda akan terlihat sempurna
  • Orang dapat berinteraksi dengan Anda dengan mudah.
  • Sangat mudah diaplikasikan oleh pemula

Langkah 2 - Self-hosting atau alternatif gratis?

Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum kita melangkah lebih jauh. Anda perlu memutuskan apakah akan membayar untuk blog Anda atau yang gratis.

WordPress, Tumblr dan Blogger semua menawarkan blog gratis bagi siapa saja. Ini samgat cocok untuk mereka yang tidak serius tentang blogging. Memiliki Blog Gratis pasti mempunyai kelemahan di antaranya :
  • Anda tidak akan bisa mendapatkan nama domain SENDIRI Pada blog gratis, alamat web blog anda (URL Anda) akan sangat-jelek.Singkatnya, membuat blog gratis dengan layanan blog gratis akan terlihat seperti ini: [sitekamu.blogspot.com] [sitekamu.wordpress.com] [sitekamu.tumblr.com]. 
  • Terbatas Ada beberapa batasan untuk blog gratis. Anda tidak dapat sepenuhnya gratis, meng-upload video dan gambar sangat terbatas. Walaupun pada Blogspot memberikan kelonggran lebih untuk meng-upload video atau gambar akan tetapi masih terbatas. 
  • Tidak memiliki hak penuh pada blog Anda Sendiri Mungkin terdengar konyol pada awalnya, tetapi Anda tidak benar-benar memiliki blog Anda. Ini host di properti web orang lain dan mereka dapat menghapusnya dengan berbagai alasan yang sangat mendasar. Yang berarti semua kerja keras Anda di blog Anda, semua jam yang tak terhitung menulis posting blog mungkin lenyap dalam hitungan detik. Sedih ...

Dengan menggunaan self-host dgn nama domain Anda sendiri - Anda pemilik REAL blog Anda atau memiliki otoritas penuh dalam blog anda. misalnya "namakamu.com" atau "komunitaskamu.com. Anda dapat mengakhirinya dengan .com, .co.id, .net, .org, atau hampir semua akhiran web lainnya.

Jadi berapa banyak biaya hosting dan nama domain? Tidak sebanyak yang Anda pikirkan, untungnya banyak penyedia hosting murah dalam negri dari yang Rp.30.000 s/d Rp.50.000 satu bulan dengan bonus domain gratis selama satu tahun.

Pertanyaan :
Bagaimana jika saya mennggunakan platform Blogspot dengan domain sendiri?,
Jawab :
Sangat bisa dan boleh-boleh saja, tapi tetap saja masih ada resiko jika suatu waktu kena banned walaupun sudah mengikuti aturan dari pihak blogspot yang dimiliki google.

" Kejadian pada akhir tahun 2014 pihak google melakukan Banned massal pada blog-blog yang dianggap spam, dan anehnya blog yang bukan spam kena dampak juga ".

Langkah 3 - Mulai blog dengan domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain kustom)

Domain: domain pada dasarnya adalah URL dari situs atau alamat website kita. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website, Contoh: google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain).

Beberapa Daftar Domain Gratis 2015

Hosting: Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang menempatkan website Anda di internet sehingga orang lain dapat melihatnya. Semuanya akan disimpan di sana. Anggap saja sebagai komputer hard-drive di internet di mana blog Anda akan disimpan.

Tidak ada komentar

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!

Diberdayakan oleh Blogger.