UBUNTU Segera Menjelajahi Dunia Ponsel

Piranti lunak berbasis Linux, Ubuntu, selama ini populer sebagai sistem operasi dalam dekstop. Kini Ubuntu siap beroperasi di perangkat smartphone.
Menurut stasiun berita BBC, sistem operasi Ubuntu untuk smartphone memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi desktop pada handset smartphone pengguna dan merasakan pengalaman mudah transisi antara komputer maupun smartphone.


Kabarnya, sistem operasi ini awalnya akan dirilis sebagai file yang dapat dipasang pada ponsel Galaxy Nexus besutan Samsung. Sistem operasi ini bisa menjadi alternatif dari produk populer besutan Google, Android.

Pendiri Ubuntu, Mark Shuttleworth, mengatakan ia telah melakukan pembicaraan dengan produsen untuk perangkat yang akan dijual dengan sistem pra-instal dalam tahun ini.

Shuttleworth mengakui inovasi tersebut kemungkinan pada awalnya akan terbatas pada kalangan "penggemar". Hal itu, menurutnya, menandakan pergeseran yang lebih luas.

"Ini sangat luar biasa bahwa kita pada titik ini saat kekuatan ponsel menggilas dengan kekuatan dari dasar laptop," kata Shuttleworth seperti dilansir BBC.

"Kami mengambil keuntungan dari itu, sehingga untuk pertama kalinya dalam sejarah Anda memiliki platform PC tersedia pada ponsel," tambahnya.
Kode kernel (program inti) Ubuntu memungkinkan kinerja piranti lunak dan piranti keras bersama-sama.

Perusahaan asal London, Canonical diketahui sebagai perusahaan yang menawarkan sistem operasi Ubuntu yang diunduh gratis. Perusahaan ini memperkirakan bahwa lebih dari 20 juta PC sudah menggunakan versi Ubuntu ini.

Semua Kategori
Sistem operasi Ubuntu versi smartphone ini menggunakan driver dan kernel dari Android, sehingga dapat dengan mudah dipasang pada berbagai smartphone yang menjalankan Android, baik versi lama maupun yang baru. Hal ini juga berarti produsen perangkat tidak membutuhkan perubahan pada piranti lunak mereka untuk mendukung sistem operasi baru ini.

Sistem operasi mobile Ubuntu ditargetkan untuk semua kategori smartphone, mulai dari smartphone katagori low end sampai high end.

Sayangnya, menurut kabar yang beredar, smartphone yang menjalankan sistem operasi Ubuntu ini kemungkinan akan tersedia di pasar pada akhir 2013 atau awal tahun depan.
sumb:vivanews

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!