Model Referensi TCP/IP

Share:

Jaringan Komputer (Model Referensi TCP/IP)

Model Referensi TCP/IP

Komunitas Belajar Komputer - Sebelumnya kita sudah membahas tentang Model referensi OSI bagi yang belum mengetahui silahkan buka link diatas. Okey Langsung saja, meski model referensi OSI lebih umum digunakan tapi secara teknis dan historis, model referensi standar internet adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Model ini memiliki 4 layer:
  1. Application
  2. Transport
  3. Internet
  4. Network

Application layer

Application layer (Layer 4) model TCP/IP berkutat dengan urusan presentasi, encoding dan dialog control. TCP/IP mengkombinasikan session, presentation dan application  dalam satu layer dan mengasumsikan data telah siap dienkapsulasi pada layer berikutnya.

Transport layer

Transport layer (layer 3 TCP/IP) berkutat dengan urusan quality of service dari reliability, flow control dan error corection. Salah satu dari protokolnya, transmission control protocol (TCP), menyediakan cara yang fleksibel dan sempurna untuk komunikasi jaringan yang reliable, well-flowing, low-error. TCP berdialog antara pengirim dan penerima ketika melakukan enkapsulasi data ke dalam segment. TCP adalah protokol connection-oriented, artinya segment bergerak bolak balik antara dua host untuk memberitahukan bahwa koneksi terjadi selama waktu tertentu (packet switching).


Internet layer

Internet layer (Layer 2 TCP/IP) berfungsi mengirim paket antara jaringan yang berbeda dan menentukan lintasan yang ditempuh. Protokol spesifik layer ini adalah Internet protocol (IP). Best path determination and packet switching occur at this layer. Think of it in terms of the postal system. When you mail a letter, you do not know how it gets there (there are various possible routes), but you do care that it arrives.


Network layer

Network layer (Layer 1 TCP/IP) juga disebut layer host-to-network. Layer ini menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan paket data untuk membuat sambungan langsung (physical link) termasuk detil teknologi LAN dan WAN dan seluruh detil dalam Physical dan Data link layer (Layer 1 dan layer 2 OSI).

Perbandingan OSI dan TCP/IP


Persamaan OSI dan TCP/IP

  • Keduanya memiliki layer-layer
  • Keduanya memiliki application layers, meski memiliki services yang berbeda
  • Keduanya memiliki transport dan network layer yang dapat disamakan
  • Keduanya mengasumsikan teknologi packet-switched (bukan circuit-switched)
  • Profesional di bidang internetworking perlu mengetahui keduanya


Perbedaan OSI dan TCP/IP

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa ada lebih dari 6,9 miliar orang di Bumi. Dan fakta yang paling menarik adalah bahwa ada lebih dari 2,3 orang di Internet. Setiap orang yang menggunakan Internet menggunakan TCP dan IP, yang protokol komunikasi untuk Internet.

Tapi tidak harus kita menemukan seseorang yang menyadari apa dua singkatan ini benar-benar. Di sisi lain orang yang menyadari perbedaan antara TCP dan IP jarang ditemukan. Oleh karena itu penjelsan ini memberikan pengetahuan singkat tentang dua protokol komunikasi, dengan perkenalan singkat untuk TCP dan IP dan deskripsi bagaimana kedua berbeda satu sama lain.
  • TCP/IP mengombinasikan presentation dan session layer OSI ke dalam application layer
  • TCP/IP mengombinasikan data link dan physical layers OSI ke dalam satu layer
  • TCP/IP lebih sederhana dengan 4 layer 
  • TCP/IP lebih kredibel karena protokolnya. Tidak ada network dibangun dengan protokol OSI, walaupun setiap orang menggunakan model OSI untuk memandu pikiran mereka. 

Sekilas Tentang TCP

Apa itu TCP.....?

TCP singkatan dari Transmission Control Protocol. Ini adalah protokol, hanya seperangkat aturan, dikembangkan untuk internet untuk mendapatkan data dari satu perangkat jaringan yang lain; “TCP menggunakan strategi transmisi untuk memastikan bahwa data tidak akan hilang dalam transmisi”. TCP memungkinkan dua host untuk membuat sambungan dan aliran pertukaran data. TCP menjamin pengiriman data dan juga menjamin bahwa paket akan disampaikan dalam urutan yang sama di mana mereka dikirim.

TCP adalah protokol yang digunakan oleh aplikasi internet besar seperti World Wide Web, email, administrasi remote dan transfer file. TCP dioptimalkan untuk pengiriman akurat daripada pengiriman tepat waktu, dan karena itu, TCP kadang-kadang menimbulkan keterlambatan yang relatif panjang (dalam urutan detik) sambil menunggu pesan out-of-order atau transmisi ulang dari pesan yang hilang. Hal ini tidak sangat cocok untuk aplikasi real-time seperti Voice over IP. TCP melacak unit individu dari transmisi data, yang disebut segmen, yang pesan dibagi menjadi untuk routing yang efisien melalui jaringan.

Sekilas Tentang IP

Apa Itu IP...?

Singkatan IP singkatan dari Internet Protocol jangka. IP adalah protokol jaringan utama yang digunakan di Internet, yang dikembangkan pada 1970-an. Di Internet dan jaringan lainnya, IP sering digunakan bersama-sama dengan Transport Control Protocol (TCP) dan disebut bergantian sebagai TCP / IP. IP mendukung unik pengalamatan untuk komputer pada jaringan.
Kebanyakan jaringan menggunakan versi Internet Protocol 4 (IPv4) standar yang memiliki alamat IP empat byte (32 bit) panjangnya. The baru Internet Protocol versi 6 (IPv6) fitur standar alamat 16 byte (128 bit) panjangnya.

Internet Protocol bertanggung jawab untuk menangani host dan datagram routing (paket) dari host sumber ke host tujuan di satu atau lebih jaringan IP. Untuk tujuan ini Internet Protocol mendefinisikan sistem pengalamatan yang memiliki dua fungsi: mengidentifikasi host dan menyediakan layanan lokasi logis. Hal ini dilakukan dengan mendefinisikan datagram standar dan sistem pengalamatan standar.

Ketika sebuah paket IP yang dikirimkan dari komputer, tiba di sebuah router IP. IP router bertanggung jawab untuk “routing” paket ke tujuan yang benar, secara langsung atau melalui router lain.

Secara garis besar ini dia perbedaan keduanya

IP tidak menempati garis komunikasi antara dua komputer sementara TCP menciptakan jalur komunikasi antara dua aplikasi sampai satu ditutup.
Meskipun perbedaan mereka, TCP dan IP saling berhubungan dalam hal komunikasi komputer antara satu sama lain.


Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer




Sumber 
Lammle,Todd., CCNA Study Guide, Third Edition, Sybex Network Press, 2002
Andrew S Tanenbaum, 1988. Computer Networks, Printice Hall Inc, New Jersey.


No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!