Sekilas Tentang VPN (Virtual Private Network) Penting Untuk Anda Tahu

Tentang VPN (Virtual Private Network)

Virtual Private Network
Virtual Private Network
Komunitas Belajar Komputer - Jaringan pribadi virtual (VPN) adalah jaringan yang dibangun menggunakan kabel publik - biasanya Internet - untuk terhubung ke jaringan pribadi, seperti jaringan internal perusahaan. Ada sejumlah sistem yang memungkinkan Anda membuat jaringan dengan menggunakan Internet sebagai media pengangkutan data. VPN mengamankan jaringan pribadi, menggunakan enkripsi dan mekanisme keamanan lainnya untuk memastikan hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses jaringan dan data tersebut tidak dapat dicegat.

VPNs Menawarkan Privasi dan Keamanan

VPN dirancang untuk menyediakan terowongan terenkripsi yang aman untuk mentransmisikan data antara pengguna jarak jauh dan jaringan perusahaan. Informasi yang dikirimkan antara dua lokasi melalui terowongan terenkripsi tidak dapat dibaca oleh orang lain karena sistem tersebut berisi beberapa elemen untuk mengamankan jaringan pribadi perusahaan dan jaringan luar yang digunakan pengguna jarak jauh.

Langkah pertama untuk keamanan biasanya adalah firewall antara klien dan server host, yang mengharuskan pengguna remote untuk membuat koneksi yang otentik dengan firewall. Enkripsi juga merupakan komponen penting dari VPN aman. Enkripsi bekerja dengan memiliki semua data yang dikirim dari satu komputer yang dienkripsi sedemikian rupa sehingga hanya komputer yang dikirimnya untuk dapat mendekripsi data.

Protokol Jaringan VPN

Ada tiga protokol jaringan utama yang bisa digunakan dengan terowongan VPN. Protokol ini umumnya tidak sesuai satu sama lain. Mereka meliputi:

IPSec
Virtual Private Network
IPSec

Satu set protokol yang dikembangkan oleh IETF untuk mendukung pertukaran paket yang aman pada lapisan IP. IPsec telah banyak digunakan untuk mengimplementasikan VPN. IPsec mendukung dua mode enkripsi: Transport and Tunnel.

PPTP
Virtual Private Network
PPTP
Protokol Tunneling Point-to-Point adalah teknologi untuk menciptakan VPN, dikembangkan bersama oleh Microsoft, A.S. Robotics dan beberapa perusahaan vendor akses jarak jauh, yang dikenal secara kolektif sebagai Forum PPTP.

L2TP
Virtual Private Network
L2TP
Layer Two (2) Protokol Tunneling adalah perluasan protokol PPP yang memungkinkan ISP mengoperasikan Virtual Private Networks (VPN).

Konsumen Versus Corporate VPN Services

Konsumen menggunakan layanan VPN pribadi, juga dikenal sebagai terowongan VPN, untuk melindungi aktivitas dan identitas online mereka. Dengan menggunakan layanan anonim VPN, lalu lintas Internet pengguna dan data tetap dienkripsi, yang mencegah penyadap dari mengendus aktivitas internet. Layanan VPN sangat berguna saat mengakses hotspot Wi-Fi publik karena layanan nirkabel publik mungkin tidak aman. Selain keamanan Wi-Fi publik, layanan VPN swasta juga menyediakan konsumen dengan akses Internet tanpa sensor dan dapat membantu mencegah pencurian data dan situs web membuka blokir.

Perusahaan dan organisasi biasanya menggunakan VPN untuk berkomunikasi secara rahasia melalui jaringan publik dan mengirim suara, video atau data. Ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk pekerja jarak jauh dan organisasi dengan kantor global dan mitra untuk berbagi data secara pribadi.

Virtual private dial-up network (VPDN)

Salah satu jenis VPN yang paling umum digunakan oleh bisnis disebut virtual private dial-up network (VPDN). VPDN adalah koneksi pengguna-ke-LAN, di mana pengguna jarak jauh perlu terhubung ke LAN perusahaan. Jenis VPN lainnya biasa disebut VPN situs-ke-situs. Disini perusahaan akan berinvestasi di hardware khusus untuk menghubungkan beberapa situs ke LAN mereka meski ada jaringan publik, biasanya internet.

Layanan VPN Gratis
VPN gratis biasanya mengacu pada layanan dan alat yang memungkinkan Anda menjelajahi Web dengan aman dan tanpa nama. Alat ini biasanya tersedia untuk browsing Web desktop dan mobile. Baca artikel Web VPN 5 Free VPN Services untuk mempelajari lebih lanjut.

Demikian saja Sekilas Tentang VPN (Virtual Private Network) Penting Untuk Anda Tahu

Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!