Komunitas Belajar Komputer

Komunitas Belajar Komputer

Mengetahui Sejarah dan Perkembangan OS ANDROID

Sejarah dan Perkembangan OS ANDROID

Sejarah & Perkembangan OS Android- Pada artikel komunitas belajar komputer kali ini membahas tentang tentang sistem operasi android. Kehadiran Android sekitar beberapa tahun yang silam sebagai salah satu Open Source OS mobile system memang sangat menarik perhatian bagi kalangan pengguna Smartphone di seluruh dunia dan tentunya juga Negara tercinta ini, Nah yang menjadi pertanyaan apakah anda sudah mengetahui bagaimanakah Sejarah Android dan kapan Android itu Pertama Kali di Rilis...? Sejarah tentang sistem operasi android, Kalau masih belum, mari dengan senang hati anda bisa menyimak artikel di bawah ini :

Android itu Apa?

Android Merupakan Sistem Operasi yang dikembangkan khusus untuk pengguna Ponsel (smartphone & PDA) dan juga Tablet yang berbasis dasar dari OS Linux, Nah pada perkembanganya sejak tahun 2007 yang lalu OS Android berkembang sangat pesat di pasaran ponsel pintar diseluruh dunia sampai sekarang ini, hal ini di karenakan OS Android muncul dengan Lisensi terbuka berdasarkan Apache lisensi Dan GPL lisensi.

Sejarah Android

Android Inc. merupakan sebuah perusahaan hardware ponsel yang terletak di Palo Alto, California Amerika Serikat. Dan sejak juli tahun 2000 yang silam Android bekerjasama dengan sebuah perusahaan mesin pencari terbesar yakni Google, Nah ternyata kerjasama dari kedua perusahaan ini yakni mengembangkan Sistem Operasi untuk ponsel (ponsel pinter) meskipun pada waktu itu android hanya di kenal sebagai salah satu perusahaan perangkat keras untuk ponsel, Ada beberapa orang yang mengembangkanya yaitu  Chris White, Andy Rubin, Nick Sears Dan Rich Miner.

Dibawah kepemimpinan Rubin Tim, android pun mengembangkan sebuah Sistem Operasi untuk perangkat ponsel yang dikembangkan dari Kernel Linux, akhirnya munculah OS android yang berkembang di bawah lisensi GPL dan Apache.


Kapan OS Android itu Pertama kali muncul ?

Pada tahun 2007 bulan September Google mulai mengajukan hak patent untuk aplikasi telepon selular, tapi pada tahun itu android masih dalam tahap pengembangan dan pencarian anggota pengembang Android, hingga pada tahun 2008 pertengahan sudah mulai ada banyak produsen yang mau bekerjasama dengan OS Android milik Google tersebut.

Ponsel pertama yang memakai sistem Operasi Android merupakan ponsel HTC Dream yang di rilis pada tanggal tahun 2008 tanggal
22 bulan Oktober kemudian pada awal tahun 2009 mulailah para pengembang ponsel menggunakan OS android ini dan setidaknya ada 18 ponsel yang bersistem OS Android rilis di awal tahun 2009.

Daftar Urutan Versi OS Android :

  1. OS Android 1.1
  2. OS Android 1.5 Cupcake
  3. OS Android 1.6 Donut
  4. OS Android 2.0/2.1 Eclair
  5. OS Android 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)
  6. OS Android 2.3 Gingerbread
  7. OS Android 3.0/3.1 Honeycomb
  8. OS Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwidch)

Asal Usul Logo Android

Pastilah ya kenal dengan Maskot Android Hijau ini, selain bentuknya lucu dan menarik ternyata asal usul dari logo android ini cukup unik dan menarik, Logo android Berasal dari Sebuah Game Arcade tahun 90an yang berjudul Gauntlet : The Third Encounter Arcade , ini memang game tidak begitu di kenal di eranya. Tokoh robot abu-abu yang memiliki dua antena lucu yang menjadi maskot android yang sangat di kenal di seluruh dunia sampai detik ini sebagai OS Android walaupun The Third Encounter Arcade tidak begitu terkenal. Yapzz semoganArtikel Sejarah Dan Perkembangan OS Android ini bermanfaat.

Sejarah dan Perkembangan OS ANDROID

Perkembangan Android di Negara Indonesia

Kedatangan Sistem Operasi Android di Negara Indonesia memang masih baru, akan tetapi saat ini juga para pengguna Android pun terus bertambah dan semakin bertambah, terkhusus pada pasar teknologi ponsel pintar. Hal ini diarenakan Android sendiri memiliki sistem open source.
Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler cohtohnya telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. Awalnya, Google Inc membeli Android Inc, yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah sebuah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk google, Intel, HTC, Motorola,  T-Mobile, Nvidia, dan Qualcomm,
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007 yang lalu, Android bersama Open Handset Alliance sangat mendukung pengembangan standart terbuka pada perangkat-perangkat seluler. Berbeda dengan google, dimana Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi untuk perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Dipertengahan tahun 2009 yang lalu telepon seluler berbasis Android resmi masuk di negara Indonesia, pada waktu itu harganya sangat begitu mahal dan produknya pun masih bisa dikatakan sangat langka/jarang terdapat. Tetapi saat ini keadaannya berbanding terbalik. Ada begitu banyak vendor baik lokal maupun luar memasarkan berbagai macam handset berbasis Android di Negara Indonesia. Harga dan jenisnya pun berbeda-beda, mulai dari yang berharga di bawah Rp 1 juta hingga di atas Rp 5 juta.
Dengan adanya berbagai jenis handset murah berbasis OS Android di Indonesia, Android makin menyentuh para konsumen yang berdaya beli rendah seperti mahasiswa. Masyarakat pun sekarang semakin mudah untuk mencoba dan mendapatkan berbagai jenis teknologi terbaru yang disajikan oleh Android karena harganya yang semakin terjangkau dan jenisnya pun semakin beragam.
Handset Android dengan segala daya tariknya sangat berpotensi menggeser pasar telepon genggam yang ada di Indonesia saat ini yang sudah sekian lama berkecipung.  Android ini  juga memiliki wadah untuk saling berbagi, saling sharing tips dan trik, pada sebuah forum. pengguna Android Indonesia  bisa saling bertukar informasi melalui forum-forum yang banyak sekali bertebaran di internet. Perkembangan forum-forum itu juga sejalan dengan perkembangan Android Indonesia, semakain banyak ponsel android, semakin banyak juga forum-forum yang lahir, itulah Indonesia.
Dengan melihat semakin gencarnya vendor-vendor handphone memasarkan handphone Android murah di Indonesia, bisa jadi dalam beberapa tahun kedepan Android akan semakin mendominasi Negara Indonesia. Bukan tidak mungkin juga produk ini akan menjadi handset "sejuta umat" berikutnya di Indonesia.
Yah tentu saja dengan harga handphone yang murah, supaya Android semakin dapat memasyarakat, dan hal ini tidak hanya yang berkantong tebal saja yang bisa memilikinya bagi masyarakat berkantong tipis juga bisa memiliki android. Mungkin jika vendor handphone lokal juga ikut semakin gencar memasarkan handphone-handphone berbasis Android efeknya akan lebih cepat karena mereka mengerti apa yang diinginkan oleh kebanyakan orang Indonesia dan bagaimana strategi pemasaran yang tepat, begitu.
Powered by Blogger.