Pengertian/Defenisi SEO

Ada beberapa pemahaman tentang definisi SEO tapi dari sekian banyak itu intinya tetap sama saja SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah metode / cara agar Search Engine selalu mengindex website kita diinternet agar setiap proses pencarian dengan keyword melalui search engine dapat ditampilkan pada halaman utama. Bahkan ada yang menyatakan bahwa SEO adalah proses yang sangat khusus dalam membangun sebuah website yang berhasil alasannya karena sebuah website komersial tidak dikatakan berhasil jika tidak dapat ditemukan dalam Search Engine Utama ini adalah tugas dan tantangan webmaster untuk mengoptimalkan sebuah website dengan cara memperbaiki struktur tag-tag HTML tertentu pada halaman web.
Sebuah alasan yang sangat masuk akal karena bagaimana mungkin mendatangkan pengunjung, meningkatkan traffic dan mendapatkan Page Ranking pada Website Jika halaman-halaman kita tidak dapat ditemukan dalam mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, MSN Live Search dll.
Pada kenyataannya bahwa hampir 90 % pengunjung-pengunjung baru menemukan sebuah website dari hasil Search Engine dan Search Directory dengan keyword tertentu, nah disinilah menariknya belajar seo karena mereka datang dengan keyword atau key phrase tertentu sehingga dapat menemukan situs yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan.
Sebagai seorang internet marketer pemahaman tentang SEO merupakan salah satu skilll yang dibutuhkan dalam memasarkan produk / jasa. Karena kebanyakan pengunjung dalam mencari info selalu menggunakan search engine dengan memanfaatkan kata kunci dengan harapan mendapatkan info yang relevan. Jadi untuk promosi website, SEO adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Traffic. yang nantinya akan memberikan banyak pengunjung dan dengan semakin banyaknya pengunjung maka diharapkan akan banyak penjualan yang terjadi melalui rekomendasi web kita.

Dari definisi SEO diatas maka dapat diketahui apa fungsi & tujuannya :

  • Menaikkan pageranking sebuah website agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama
  • Mendatangkan trafik / pengunjung ke website melalui Search Engine
  • Membantu meningkatkan pencapaian target penjualan melalui Rekomendasi web
  • Meminimalkan biaya pemasaran online

Langkah-langkah Menerapkan SEO

Secara dasar, SEO dibagi dua yaitu SEO on-page dan off page. SEO on page berupa pembenahan di dalam situs web sedangkan off-page merupakan optimasi dari luar web anda.
Langkah-langkahnya bagaimana?
1. Riset keyword
Jika situs web anda masih baru, anda perlu tahu apa saja keyword-keyword yang perlu anda kuasai. Contohnya, misal suatu web bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Anda bisa gunakan keyword tool untuk mengetahui jumlah pencarian yang terbanyak.
riset seo
Untuk mengenali kompetitor anda, anda bisa cocokkan dengan mengetikkan kata kunci anda tersebut di google.
seo
2. Optimasi SEO On-Page
Berikutnya benahi situs web anda agar mengikuti kaidah algoritma search engine, termasuk dengan menanamkan keyword-keyword anda. Pada optimasi on-page ini meliputi
  • memasukkan keyword pada title tag. Jumlah karakter pada title tag ini kalau bisa tak lebih dari 70 karakter.
  • memasukkan keyword pada Meta description. kalimatnya maksimal 156 karakter.
  • maksimalkan internal link building
  • Gunakan juga header tags
  • Masukkan juga keyword anda pada gambar dan ALT tags
3. Optimasi SEO Off-page
Pada optimasi off page, optimasi yang anda lakukan di luar web anda untuk mendapatkan backlink yang menuju web anda. jenis backlink ini bermacam-macam, seperti backlink dari social bookmark, dari social network, backlink dari web lain, dari memasukkan artikel di ezine, atau dari backlink komentar seperti yang banyak dilakukan teman-teman dengan berkomentar di blog ini. :)
Selanjutnya, anda harus jalankan hal tersebut secara berkelanjutnya, dan jangan lupa untuk memantau hasilnya. Kalau minggu kemarin misalnya web anda masih bertengger di halaman 10 untuk kata kunci anda, dan minggu ini sudah naik ke posisi ke-8, berarti ada kemajuan dari SEO yang anda lakukan, yang jelas, SEO ini tak bisa instant. Harus dilakukan bertahap dan berkelanjutan.
Yang jelas lagi, anda harus siap untuk perubahan algoritma yang bisa mengguncang atau bahkan meluluhlantakkan posisi web anda. So, anda harus terus belajar mengenai tips-tips seo terbaru dan mengikuti perkembangan darisearch engine.
Powered by Blogger.