Komunitas Belajar Komputer

Komunitas Belajar Komputer

Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer

Jika sering mengalami kinerja komputer kita terlihat lambat maka ini adalah solusi yang bisa anda coba untuk mengoptimalkan kinerja komputer anda. Caranya dengan sedikit memodifikasi pada seting windows pada komputer kita.
dengan melakukan beberapa perubahan atau sedikit memodifikasi pada sistem windows komputer dirasa akan menambah kinerja komputer kita.
Ada beberapa tahap untuk mengoptimalkan kinerja komputer kita, berikut adalah langkah-langkahnya

1. Mematikan beberapa fitur Start Up.
Cara ini dilakukan agar saat komputer kita dinyalakan akan lebih cepat masuknya, dan langsung bisa untuk dijalankan tanpa harus menunggu beberapa program yang diprogram otomatis berjalan pada waktu sturt up seperti antivirus dan update otomatis pada windows.
  • Klik Start pilih menu RUN ==> ketik MSCONFIG lalu enter ==> masuk menu Start Up dan hilangkan semua centang pada Start Up kecuali anti Virus.
  • Klik menu Service ==> hilangkan centang pada Automatic Update
  • Kemudian klik Apply ==> OK
Saat melakukan perubahan pada MSCONFIQ kita dianjurkan untuk merestrart komputer secara otomatis. Dan setelah tampil kembali ke Windows maka akan tampil jendela tentang apa MSCONFIQ tadi, dan agar tidak tampil setiap menyalakan komputer maka pada cek box disebelah button OK anda centang lalu klik OK.
Setelah itu yang harus dilakukan lagi adalah melakukan optimasi pada sistem Registry Windows, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah seperti di bawah ini:
2. Optimasi pada Registry Windows.
Pertama yang harus dilakukan adalah
  • Masuk menu RUN ==> Ketik REGEDIT ==> OK
  • MY COMPUTER ==> HKEY_CURRENT_USER => CONTROL PANEL => DESKTOP =>
  • Cari MENU SHOW DELAY => Doble Klik dan rubah value data menjadi 10
  • Cari HUNG-UP TIME OUT => Doble Klik rubah value dataya menjadi 5
  • MY COMPUTER => HKEY_LOCAL_MACHINE => SYSTEM=> CONTROLSET001 => CONTROL => WAIT TO KILL SERVICE => Rubah Valuenya menjadi 500
  • MY COMPUTER => HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM => CONTROL SET002 => CONTROL => WAIT TO KILL SERVICE => Rubah Valuenya menjadi 500
  • MY COMPUTER => HKEY_LOCAL_MACHINE => SYSTEM => CURRENT CONTROL Set=> COntrol => SESION MANAGER => MEMORY MANAGEMENT => DISABLE PAGING EXCecutive => Rubah Value data menjadi 1
Setelah itu masih ada tahapan lagi yang harus dilakukan dalam tahap pengoptimalan kinerja komputer kita.
C. Optimalkan Virtual Memory

  • Masuk Control Panel => System => Advanced => Performance Setting ==> Pilih Custom => Cawang pada : “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons” dan kemudian aplly.
  • Pada menu advanced ==> Virtual memory => Change => Klik pada drive c:Windows => Pilih Custom Size => Rubah Value pada initial size dan maximum Size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 256 rubah ke 512 , 512 rubah 1000) atau anda bisa merubah sesuai keinginan anda asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik Ok.
Cara yang terakhir ini dilakukan agar kinerja vistual memori kita menjadi lebih optimal, sestem kerjannya adalah menambah besar ruangan Vistual memory kita. jadi saat menjalankan program atau aplikasi yang berat meski dengan RAM yang kecil program itu akan tetap berjalan. Tanpa menghiraukan peringatan Virtual Memory too Low. Jika anda ingin mencoba hal ini agar kinetja komputer anda lebih optimal, maka lakukanlah langkah-langkah diatas tadi. Jangan takut untuk mencoba karena sesuatu yang belum kita tahu tidak akan kita ketahui sebelum mencobanya, meskipun tidak semuanya.
Powered by Blogger.