Tips Untuk Baterai Laptop Tidak Bisa Full 100%

Pernahkan anda melakukan pengecasan baterai laptop seharian namun indikator tidak menunjukan 100% atau Full? Hal ini memang membuat kita kebingungan jika tidak tahu cara mengatasinya. Sedikit tips akan saya berikan untuk mengatasi hal semacam ini.
Meskipun kita sudah melakukan cas secara non-stop, tapi indikator masih dibawah 100% dan sudah ditandai plug in, not charging.

Sebab-sebab baterai tidak bisa terisi penuh:
  • Membiarkan Laptop mati dengan sendirinya setelah power baterai habis.
  • Pengaturan Critical Battery Level yang terlalu rendah pada Power Options, sehingga Windows akan melakukan aksinya setelah baterai benar-benar habis(dibawah 5%).
  • Adanya gangguan listrik dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah tips untuk mengatasi hal semacam ini:
  1. Lakukan pengecasan laptop sebelum baterai benar-benar habis. Serta atur Critical Baterry action menjadi Hibernate, sehingga jika baterai sudah menunjukan lemah maka Windows akan melakukan hibernate dan data yang anda sedang kerjakan masih tetap tersimpan. Atur juga Critical Baterry level menjadi 7% lebih atau jadikan sesuai default.
  2. Untuk menambah kapasitas baterai yang ditandai dengan meningkatnya jumlah nilai persentase. Lakukan pengecasan saat baterai masih terisi penuh atau berkurang sedikit dari persentase maksimal saat ini. Hal ini bisa berlangsung lama, setelah persentase meningkat 1% lakukan lagi pengecasan hingga beberapa jam kedepan. Biarkan proses pengecasan tetap berjalan karena baterai saat ini ada fitur penghentian proses carger secara otomatis jika baterai sudah penuh.
  3. Jika ingin meningkatkan persentase pengisian baterai, lakukan pengecasan kembali saat baterai masih berisi 60% atau saat baterai masih terisi jauh dari angka maksimal saat itu. Tunggu hingga ada penambahan 1 % , biasanya satu hari akan bertambah 1%. Memang membutuhkan waktu yang lama.
  4. Lakukan shut down pada laptop anda jika sudah tidak digunakan, serta biarkan proses charging baterai tetap berjalan. Serta kalau bisa cas terus baterai yang bertujuan agar menjadi penyegaran untuk pembacaan persentase baterai agar kembali 100%. Jika ingin tidur biarkan saja tetap di charging, sehingga semoga keesokan harinya ada pertambahan kembali.
  5. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga baterai sudah mencapai fully charged 100%, lama peroses seperti ini tergantung berapa persentase pengurangannya. Jika pengurangan hingga 20% maka kira-kira membutuhkan waktu 20 hari. Memang cukup lama tapi demi pembacaan fully charged kembali pada 100%.
Semoga ilmu yang saya uraikan tadi bermanfaat bagi anda yang mengalami hal semacam ini. Info ini saya kutip dari heryantony.com
Powered by Blogger.